JARANG TIDUR SIANG? Artikel ini bakalan bikin kamu mau tidur siang!

Merasa kurang produkif di tempat kerja? Mungkin anda membutuhkan istirahat yang lebih banyak, Salah satunya yaitu tidur di siang hari atau biasa kita sebut tidur siang. Apakah manfaat Tidur Siang? Tentu saja tidur siang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita, Selain mengurangi lelah akibat banyak aktivitas Manfaat tidur siang juga masih banyak lagi.

Apa aja sich yang sebenarnya terjadi pada tubuh setelah tidur siang? dan Apa Saja Manfaat Tidur siang? 

Tidur Siang Bermanfaat
Manfaat Tidur Siang

Manfaat tidur siang ternyata dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit berbahaya, tidur siang tidak selamanya berbahaya bagi manusia. Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekedar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang di jalani.

Sebagian besar orang memang cenderung selalu berfikir untuk menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin, namun tahukan anda jika tidur siang pun baik untuk kesehatan. Berikut 6 Manfaat tidur siang yang mungkin belum anda ketahui :

1. Suplai energi bagi tubuh
Kebanyakan manusia membutuhkan tidur 2x sehari. Tanpa tidur siang produktivitas akan menurun dan suasana hati menjadi tidak stabil.
Hasil studi menunjukan setelah tidur siang, detak jantung akan turun 5% dan kemampuan berkonsentrasi naik 30%.

2. Lebih waspada
Istirahat yang cukup, penting agar kita tidak melakukan banyak kesalahan saat bekerja. Tidur siang akan membantu dan mendukung tubuh anda untuk dapat melewati hati kerja yang berat.

3. Pertajam indera
Setelah tidur siang, suara dan warna akan terdengar dan terlihat lebih tegas, jelas dan lebih tajam, daya pendengaran meningkat hingga 3db

4. Menjadi kekasih yang lebih baik
Tubuh akan mendapatkan istirahat cukup. Aliran darahnya meningkat 7%, sehingga mampu mencapai semua bagian tubuh. Energi yang maksimal ini.dikatakan oleh pakar akan membantu meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Anda akan merasa ingin melakukan berbagai aktivitas berdua dengan pasangan dan bersenang-senang bersama.

5. Menjaga berat badan
Jika anda tidur lebih banyak upaya mengurangi berat badan akan lebih efektif.karena tubuh memperoleh istirahat dan rotasi yang diperlukan untuk keperluan metabolisme. Hasil studi juga menunjukkan.gizi dan vitamin dicerna secara lebih efektif saat anda tidur siang.

6. Berpikir lebih positif
Sekelompok org diundang oleh peneliti untuk mengikuti sesi tanya jawab. Mereka yang sudah tidur siang jawabannya lebih positif dibanding peserta yang tidur siang sebelumnya. Para pakar mengatakan tingkat stress akan berkurang jika tubuh beristirahat dengan cukup.

Apakah anda sudah membaca manfaat tidur siang di atas, Apakah membuat anda ingin untuk melakukannya? Banyak cara dan Tipe untuk tidur siang, Bukan hanya saat mengantuk kita harus tidur siang. Berikut Tipe Tidur Siang yang sudak kita rangkum :

Tipe Tidur Siang

Untuk mendapatkan manfaat besar dari tidur siang, sebaiknya kita mengenal 3 tipe tidur siang :

1. Tidur siang yang direncanakan. Terjadi ketika anda mengambil tidur siang sebelum benar-benar mengantuk. Anda dapat menggunakan teknik ini ketika tahu bahwa anda membutuhkan istirahat sebelum terjadi kelelahan dan pusing.

2. Tidur siang darurat. Terjadi ketika secara tiba-tiba anda sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas rutin. Jenis tidur siang ini dapat digunakan untuk memerangi kantuk saat mengemudi atau kelelahan saat menggunakan mesin berat dan ini wajib dilakukan karena akan berbahaya.

3. Tidur siang rutin. Dilakukan ketika seseorang mengambil tidur siang pada waktu yang sama setiap hari. Anak-anak kecil mungkin tertidur pada waktu yang sama setiap sore atau orang dewasa mungkin mengambil tidur siang singkat setelah makan siang setiap hari.

Tips Tidur Siang Yang Baik

1. Tidur siang harus dilakukan secara bijak, karena jika tidak maka bukannya manfaat yang diperoleh melainkan penyakit yang semakin menumpuk. Berikut adalah beberapa tips jika anda ingin tidur siang dan mendapatkan manfaat optimal dari proses tersebut.

2. Tidur siang singkat biasanya disarankan selama 20-30 menit untuk meningkatkan kewaspadaan jangka pendek. Jenis tidur siang ini akan memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tanpa mengganggu jam tidur di malam hari.

3. Usahakan jangan melakukan tidur siang sebelum jam 12 siang

4. Pastikan tempat tidur anda nyaman

5. Pastikan suhu ruangan sesuai dengan kebutuhan anda

6. Jangan mengambil tidur siang terlambat (biasanya sudah sore) karena akan mengganggu pola tidur di malam hari. Karena kualitas dan manfaat tidur di malam hari juga jauh lebih baik.
Jika anda seorang karyawan, pastikan bahwa jika mata sudah sulit terbuka (‘5 watt’) untuk izin tidur beberapa menit (20-30) menit namun tidak mengganggu pekerjaan anda. Jika anda seorang bos, pastikan tidak melarang aktivitas ini, terutama jika pekerjaan karyawan tersebut sangat vital.

0 Response to "JARANG TIDUR SIANG? Artikel ini bakalan bikin kamu mau tidur siang!"

Post a Comment