Siapakah Lola Flores?

Jakarta Bukan polos, laman Google hari ini, Kamis (21/1), berhiaskan Doodle yang dikhususkan untuk Lola Flores. Bagi sebagian orang, nama perempuan yang berprofesi sebagai penari, penyanyi, dan aktris ini memang masih asing di telinga. Namun, sebagaimana sosok 'anonim' sebelumnya, Google ajak publik dunia maya untuk mengenal Lola.



Tepat di hari ulang tahun Lola yang ke-93, perempuan asal Spanyol ini digambarkan Google sebagai figur cantik dengan busana serba merah yang membalut tubuhnya. Supaya bisa mengenal perempuan yang hampir selalu berpakaian colorful ini, simak dulu fakta-fakta Lola Flores berikut.
Punya lingkungan keluarga yang mendukung. Lahir di Jerez de la Frontera pada 1923, ibu Lola adalah seorang penjahit, sedangkan sang Ayah memiliki usaha bar. Sejak kecil, bakat menari dan menyanyi Lola sudah terlihat. Demi mendukung talenta sang putri, keluarga Lola pindah ke Madid untuk menyekolahkannya di bawah pengawasan seorang komposer terkenal kala itu, Quiroga.


Lekat dengan kultur gipsi. Meski tak sepenuhnya berasal dari keturunan kaum nomaden yang dipercaya berasal dari Asia Selatan itu, namun figur Lola hampir selalu lekat dengan gipsi. Sebagaimana dimuat Independent, Lola bahkan menikah dengan salah seorang laki-laki dari kaum yang sekarang bisa ditemukan di Amerika Utara itu dan banyak memerankan perempuan gipsi di sederet film.


'Menyatukan' Andalusia dan Spanyol. Meski masih jadi bagian negara yang terkenal akan bangunan megah bergaya gotik itu, namun entah mengapa Andalusia selalu dipisahkan dari Spanyol. Berangkat dari fakta itu, Lola yang menyukai berbagai macam budaya Andalusia mulai mengadaptasi di setiap kesempatan. Alhasil, banyak orang yang memandang Andalusia juga merupakan simbol Spanyol.


Ribuan pengantar mengiringi Lola hingga ke peristirahatan terakhir. Tutup usia di tahun 1995, mendiang Lola Flores diantarkan oleh ribuan pelayat. Mulai dari walikota Madrid dan Jerez, seorang bullfighter, Jose Ortega Cano, sutradara Pedro Almodovar, awam, hingga kaum gipsi.

0 Response to "Siapakah Lola Flores?"

Post a Comment